Agroforestri | Aspek Sosial Ekonomi-Budaya, Kearifan Lokal dan Kebijakan

Agroforestri dikenal sebagai ilmu baru karenabaru berkembang pada tahun 70-an, namun dalam prakteknya sudah lama dikenal oleh berbagai suku bangsa. Agroforestri adalah manajemen pemanfaatan lahan secara optimal dan lestari, dengan cara mengkombinasikan kegiatan kehutanan dan pertanian pada unit pengelolaan lahan yang sama, dengan memperhatikan kondisi lingkungan fisik, sosial, ekonomi, budaya dan peran serta masyarakat.

Program-program agroforestri biasanya diarahkan pada peningkatan dan pelestarian produktivitas sumber daya alam dan lingkungan, yang akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Manajemen agroforestri biasanya beragam karena disesuaikan dengan kondisi lahan dansosial-budaya dan ekonomi masyarakat dimana sistim agroforestriini diterapkan, serta dapat mengoptimumkan tiga aspek penting seperti: produktivitas, sustainabilitas, dan adoptabilitas.

Dalam kehidupan masyarakat di berbagai tempat terdapat sejumlah nilai sosial budaya atau tradisi yang mengatur hubungan antara masyarakat dengan alam lingkungannya. Nilai sosial-budaya ini merupakan wujud dari kearifan masyarakat dalam menjaga keserasian dan keharmonisannya dengan alam lingkungan. Nilai-nilai tersebut berkaitan dengan kepemilikan dan kegunaan lahan seperti pola dusung (agroforestri tradisional) yang banyak dipraktekan oleh masyarakat pada pulau-pulau kecil seperti di Maluku.

One thought on “Agroforestri | Aspek Sosial Ekonomi-Budaya, Kearifan Lokal dan Kebijakan

  1. Saya tertarik dengan informasi mengenai artikel diatas.
    Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai perkembangan ekonomi didunia.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pusat StudiManajemen Industri Kecil dan Mikro yang bisa anda kunjungi di Pusat Studi Ekonomi Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>